Jakarta Banjir: Yuk Berbagi


Bunderan Monas 17/01/2013
Bunderan Monas 17/01/2013

Katanya ini siklus banjir lima tahunan….tapi di 2012 gak separah ini…mundur kali ya..
Buat saya siklus banjir lima tahunan punya cerita sendiri. Yang pertama, 31 Januari 2002 (apal banget ya…), soalnya saya mau lamaran di Bandung, dan baru sekali itu ngerasain nyupir dari jam 7 malam (BNI’46) dan sampai rumah jam 2 pagi (taman alfa). Untungnya, tanggal 1 Feb, banjir bisa diterabas dikit-dikit buat ke Bandung.
Yang kedua, tahun 2007, udah ada si kembar. Tiba-tiba di pagi hari udah nggak bisa ke kantor, dan listrik mati total, besoknya anak-anak diungsiin ke Bandung :). Dan di episode ini ada kisah saya naro mobil di pinggir jalan, dan diangkut pakai gerobak, uhuy kan.
Nah, di tahun 2013 ini, udah mulai berasa dari tanggal 15 Januari, saya telat masuk kantor dan pulang ke rumah 3 jam aja. Tapi, tanggal 16nya, alhamdulillah terang benderang. Baru deh, di tanggal 17, dari dini hari, hujan nggak berhenti. Whaa, pas mau ke kantor, di depan jalan masuk udah sebetis, tapi dengan gagah berani saya dan suami menerjang memakai freed. Nah, yang membedakan dengan yang sebelumnya, sekarang peran media sosial ngaruh banget. Sepanjang jalan, saya twitter-an dan main di bb group dong. Walaupun sempat ada hoax Jokowi yang bilang Jakarta diliburkan (sempet aja ya). Di depan fx saya dapat kabar kalo Sudirman-Thamrin parah, dan udah macet. Tanpa pikir panjang, saya bilang sama suami untuk pulang aja, soalnya takutnya malah saya nggak bisa pulang.  Dan saya sampai rumah 30 menit, horeeeee. Tapi, warga Jakarta hebat-hebat, banyak loh yang ikut antrian di Sudirman-Thamrin, bahkan ada yang sampai kantor jam 3 sore. Ini memang parah, wong Istana Negara aja terendam kok.

Kali CIliwung 17/01/13
Kali CIliwung 17/01/13
Stasiun KA Dukuh Atas 17/01/13
Stasiun KA Dukuh Atas 17/01/13
Bunderan HI 17/01/13
Bunderan HI 17/01/13
Seputaran BI 17/01/13
Seputaran BI 17/01/13
Depan UOB 18/01/13
Depan UOB 18/01/13

Tanggal 18/01/13, sebenernya masih hujan sih, tapi di beberapa tempat sudah surut, saya memberanikan diri ke kantor, tentunya dengan panduan BB-Group (hehehehe, thank you @ex-ukmi curcol). Alhamdulillah ke kantor hanya 30 menit (baru sekali ini nih kayak gini). Pulangnya juga kosong banget, di beberapa daerah masih banjir juga. Di depan UOB-Thamrin kondisinya juga parah, walaupun surut di sore hari (belasungkawa buat korban yang terjebak di basement UOB).
Dua hari ini, alhamdulillah cuaca terang, walaupun ramalan cuaca bilang puncaknya adalah tanggal 27 Jan 2013, tapi feeling saya sih tidak.
Yuk berbagi, banyak banget posko yang buka sebagai wujud solidaritas untuk berbagi (ada @ACT, @jadiyangbaik dan masih banyak lagi), nggak ada salahnya kan kalau kita semua ikut berbagi di musibah ini, nasi bungkus, selimut, obat-obatan tentunya sangat berarti.
Selebihnya, saya gemes lihat sampah yang berserakan, mbok ya…ini semua kan akibat ulah kita juga, kembali ke pesan Jokowi, sesudah ini #jangan lupa jangan lalai#

Leave a Reply

